recent posts

Sponsor

Flickr Images

About us

Serba Serbi Mapala JW

PRAKATA


Salam lestari..!!!

LAHIRNYA MAPALA  JAESTA WANASIA UNIVERSITAS PEKALONGAN

Berawal dari kebutuhan akan sarana media olah raga panjat tebing yaitu wall climbing beberapa mahasiswa mengajukan kepada Rektorat untuk pengadaan wall clambing, namun dari Rektorat memberikan syarat harus di bentuknya suatu Organisasi Mapala yang lingkupnya Universitas, akhirnya di bentuklah UKM Mapala Jaesta Wanasia yang di pelopori oleh Aries Indra Setiawan, Muhamad Novianto dan Okki Nugraha pada Tahun 200....... dekalrasipun digelar pada tanggal.....1 januari 200 sebagai titik awal eksistensi UKM mapala jaesta wanasia.

MANFAAT DALAM KEGIATAN KEPECINTA ALAMAN ?
             manfaat yang dapat dalam kegiatan kepecinta alaman sama banyaknya dengan kegiatan yang di laksanakan, naik gunung misalnya dalam kegiatan ini kita dapat membentuk fisik dan mental yang kuat dan prima yang mendorong lahirnya skill, baik skill climbing,navigasi maupun seni bertahan hidup di alam, selain itu adanya berbagai kegiatan sosial yang ada di dalamnya dapat meningkatkan rasa kepedulian dan jiwa sosial,sebagai bekal dalam hidup bermasyarakat nantinya.

PEMINAT UKM SEMAKIN MINIM ?
Pengantar
Barangkali perlu dicermati kalau sekarang ini minat mahasiswa untuk mengikuti atau aktif di bidang kegiatan kemahasiswaaan mengalami penurunan. Meskipun jumlah UKM yang tersedia cukup banyak dan potensial untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa mulai dari bidang seni, olah raga, kewirausahaan, broadchasting, penulisan atau jurnalistik, pecinta alam, kepramukaan, keagamaan, dan korps mahasiswa siaga (KMS) serta bidang penalaran yang lain. Semua unit tersebut disediakan dalam rangka membantu mahasiswa dalam peningkatan dan pengembangan diri seluas-luasnya sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Namun tidak semua unit yang disediakan tersebut diminati oleh mahasiswa, kalaupun diminati jumlahnya cenderung sedikit bila dibanding dengan periode 4 -7 tahun yang lalu. Tetapi paling tidak peminat yang masih mendaftar pada UKM tertentu merupakan mahasiswa yang betul betul menyadari betapa pentingnya berorganisasi dan serius pada pilihan unit kegiatan yang diharapkan mampu memberi “sesuatu” pada dirinya.
Aktifitas kemahasiswaan bila diikuti secara serius dapat memberi banyak manfaat daripada mudaratnya, karena dengan mengikuti aktifitas kemahasiswaan pengalaman berharga akan diperoleh, meskipun manfaat dari pengalaman itu mungkin belum bisa dirasakan secara maksimal pada saat itu, tetapi paling tidak keterampilan praktis akan didapat, dan mungkin penghargaan akan dinikmati bila ia mampu mengikuti sekaligus berprestasi.
Banyak mahasiswa yang belum menyadari bahwa “berburu” pengalaman di arena kegiatan kemahasiswaan dapat memberikan pengalaman sekaligus keterampilan yang sangat berharga. Pengalaman dan keterampilan ini bisa berupa pengetahuan secara praktis tentang bagaimana menggunakan dan mengatur (manajemen) waktu, teknik memimpin rapat, melatih disiplin dan sikap kritis, peningkatan sikap toleransi an jujur terhadap sesama, mengambil keputusan secara mendadak tetapi bijaksana, menghargai pendapat dan sikap orang lain, berlatih menyelesaikan masalah, dan masih banyak lagi.

Gejala umum
Penyebab minimnya mahasiswa yang mengikuti aktifditas unit kegiatan mahsiswa (UKM) misalnya, pertama, mahasiswa lebih suka kegiatan yang bersifat praktis dan menghindar dari hal yang merepotkan. Konsekuensi mengikuti salah satu jenis aktifitas ini menuntut mahasiswa untuk melaksanakan semua kegiatan yang diprogramkan, dan pasti muncul sesuatu yang harus dikerjakan (kewajiban sebagai aktifis) dan konsekwensi berikutnya adalah “repot”. Padahal disinilah sebenarnya “inti dari perburuan sebuah pengalaman”. Kedua, mahasiswa lebih suka memperoleh hiburan daripada melakukan tantangan atau lebih suka menjadi subjek (penonton) daripada objek (actor).

Mengubah persepsi
Persepsi umum yang dimiliki sebagian mahasiswa saat ini adalah bahwa ‘tugas atau beban adalah sesuatu hal yang harus di jauhi dan di hindari’. Sehingga tugas yang diberikan oleh dosen pun dianggap sebagai sesuatu hal yang memberatkan, maka di jauhi dan di hindari. Tidak jarang kemudian mahasiswa tidak mengerjakan tugas dosen, kalaupun mengerjakan dengan sangat terpaksa. Tugas, apapun bentuknya adalah sesuatu yang akan kembali kepada kita, semakin serius dan semakin mandiri kita menyelesaikan tugas, semakin faham terhadap apa yang kita kerjakan.
Mahasiswa juga harus mengubah pandangan bahwa aktif di kemahasiswaan adalah membuang-buang waktu. Bila dihitung-hitung waktu yang tersedia bagi seorang mahasiswa dalam sehari cukup banyak. Untuk mengikuti kuliah sehari diperlikan rata-rata 4 jam (3 mata kuliah), istirahat/tidur 7 jam, lain-lain 3 jam (menyelesaikan pekerjaan harian, belajar dan membaca). Bila dalam sehari ada 24 jam, berarti masih tersedia waktu kurang lebih 10 jam. Sebahagian mahasiswa justru kurang memperhatikan pemanfaatan sisa waktu yang cukup banyak ini, oleh sebab itu aktif di kemahasiswaan justru pemanfaatan waktu luang yang dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa.

SETITIK IDE Salah satu pola yang dapat di kembangkan oleh pihak kampus yaitu untuk kelulusan akademik, mewajibkan kepada setiap mahasiswa lama maupun yang masih baru untuk masuk ke salah satu kegiatan UKM. Semoga dengan cara ini suasana UKM semakin semarak dengan berbagai aktifitasnya yang berkualitas dan mampu memberi kontribusi bagi kampus dan segudang prestasi bagi diri kita.

Ahmad “LANDAK” Bestari
Catatan jejak-jejak Temu Wicara dan Kenal Medan (TWKM) ke XVIII MAPALA se-Indonesia di Semarang, 11-18 September 2006

TENTANG PENDIDIKAN DASAR
UKM MAPALA JAESTA WANASIA UNIKAL

Berapa Lama Pendidikan Dasar Berlangsung?
Pendidikan Dasar Mapala jaesta wanasia Berlangsung kurang lebih 4 hari. Selama itu anda akan mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman baru yang dijamin belum tentu di dapatkan dari organisasi kemahasiswaan lain apalagi dibangku kuliah
Benarkah Dengan Gabung di Mapala jaesta wanasia Bisa Mengganggu Kuliah?
Saya katakan tidak untuk itu, Karena program Pendidikan Dasar sudah dirancang sesuai dengan waktu kuliah dan direkomendasikan oleh bagian kemahasiswaan Universitas. Bahkan di Mapala, Kamu akan belajar mengelola waktu dan mengelola organisasi.

Mapala itu Menyeramkan?
Itu gosip, Dari awal berdirinya sampai hari ini bahkan hari – hari yang akan datang Metode Pendidikan yang dianut bukan sistem Kemiliteran. Tapi perlu diingat bahwa latihan Fisik yang Teratur akan membuat badan kita menjadi sehat.

Apakah biayanya Mahal?
Biaya pendaftaran. Rp. 25.000,-. Biaya tersebut untuk Administrasi, Bahan bacaan, air minum selama materi ruangan berlansung, kaos seragam, dan slayer pendidikan. Jadi uang segitu kamu bisa dapat banyak.

Apa Syarat Untuk Mendaftar Mapala jaesta wanasia?
Syarat utamanya Kamu adalah Mahasiswa Unikal yang tercatat dalam semester 1 dan 3, Syarat lainnya adalah punya minat, suka berorganisasi, bergaul, mampu komitmen dan menyenangi kegiatan di Alam terbuka.

Gimana dengan wanita yang mau gabung?
Itu bukan masalah, Mapala jaesta wanasia punya banyak anggota dari kaum wanita dan meskipun kegiatannya banyak petualang dialam bebas tapi yakin kegiatan tersebut tidak akan mengurangi nilai- nilai feminisme dari seorang wanita, bahkan di Mapala kamu akan belajar bagaimana memanusiakan manusia

Jadi?
Anda pasti berpikir tentang sesuatu kegiatan yang bisa anda lakukan selain mengikuti perkuliahan di kampus. Anda pasti pengen memiliki jalinan pertemanan lintas fakultas dan universitas Anda pasti pengen belajar banyak tentang bagaimana mengelola
suatu organisasi, dan sebagai anak muda Anda juga ingin semua yang kamu inginkan dan lakukan dengan cara yang
menyenangkan dan berarti.
Di Mapala Kamu bisa mendapatkan banyak hal, jaringan anggota di Seluruh perguruan tinggi  yang dapat berguna setelah kamu selesai kuliah, pertemanan yang bisa bertahan lama bahkan, membantu sesama dengan berbagai kegiatan sosial, beraktifitas di alam terbuka seperti penanaman, analisa sosial, mendaki gunung, , memanjat tebing dan arung jeram.


Jadi tunggu apalagi??
Mari bergabung dengan kami
Keluarga besar Mapala Jaesta Wanasia
Share on Google Plus

About Aroh taofiq

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com